Steadfast-Marine.co.id-Berbagai video TikTok yang menjadi FYP memang begitu menghibur setiap pasang mata yang menontonnya. Konten kreator wajib mengetahui jadwal FYP TikTok agar konten yang sudah dibuat semakin dikenal. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa mengundang lebih banyak like dan followers.
Adapun istilah FYP sendiri memang begitu populer di TikTok yang merupakan sosial media berisi konten video pendek. Banyak yang berlomba-lomba agar video yang diupload menjadi FYP tanpa mengetahui triknya.
Daftar Isi
Mengenal FYP (For Your Page) di TikTok
Salah satu daya tarik utama dari aplikasi TikTok adalah fitur FYP di halaman utamanya. Fitur yang satu ini memiliki algoritma khusus dalam menampilkan berbagai macam konten pilihan. Dengan kata lain, FYP merupakan halaman rekomendasi yang akan muncul saat pertama kali membuka TikTok.
Hal ini cukup berbeda dibanding media sosial lainnya yang biasanya harus login terlebih dahulu ketika hendak melihat konten di dalamnya. Sedangkan di TikTok, pengguna bisa langsung melihat konten-konten menarik di FYP.
Sedangkan jika hendak like, komen, atau mengupload video memang harus login terlebih dahulu. Sebenarnya, apa yang bisa membuat sebuah video FYP? Secara umum, hal ini ditentukan dari jumlah viewers yang tinggi.
Namun, hal tersebut bukan merupakan aturan mutlak karena disesuaikan lagi dengan minat dan kebiasaan setiap pengguna. Oleh karena itu, seorang konten kreator harus memahami bagaimana sebuah konten menjadi FYP.
Algoritma TikTok dalam Memunculkan Konten FYP
Pada dasarnya, algoritma FYP TikTok memang mengalami perubahan dalam beberapa tahun terakhir. Tidak sedikit yang menebak atau memberikan spekulasi tanpa alasan yang konkrit. Alhasil, konten video yang diupload tak kunjung FYP.
Hingga akhirnya pihak resmi TikTok pun mengeluarkan pernyataan resmi mengenai algoritma media sosial asal Tiongkok ini. Pernyataan tersebut menjelaskan bagaimana TikTok bekerja sehingga memunculkan konten-konten tertentu di halaman utama.
Setiap pengguna memiliki rekomendasi FYP-nya tersendiri sehingga polanya memang sulit ditebak. Namun, kali ini Anda bisa lebih memahaminnya karena pihak TikTok menyebutkan bahwa media sosial yang satu ini menunjukkan preferensi setiap penggunanya.
Sistem akan secara otomatis merekomendasikan video menurut kombinasi faktor-faktor yang mendukung.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konten Menjadi FYP TikTok
Banyak yang penasaran bagaimana TikTok memberikan rekomendasi konten video untuk setiap penggunanya. Tidak perlu khawatir, pada dasarnya hal ini telah dijelaskan oleh pihak TikTok itu sendiri, yaitu sebagai berikut.
1. Interaksi Antar Pengguna
Jangan salah, interaksi yang Anda lakukan dengan pengguna lainnya ternyata memiliki pengaruh terhadap konten yang ditampilkan di FYP. Interaksi ini bisa berupa konten yang di-like, komentari, dan daftar following akun.
Bahkan konten yang sering di-share pun akan terbaca oleh sistem sehingga menjadi pedoman dalam menampilkan FYP. Oleh karena itu, secara tidak langsung FYP akan terasa berhubungan dengan beberapa hal yang sebelumnya dilihat atau dibagikan di TikTok.
2. Pengaturan Akun Pengguna
Ada berbagai macam hal yang bisa dilakukan dengan memilih menu pengaturan di TikTok. Sebagian orang tidak sadar bahwa setelan pada akunnya berpengaruh terhadap konten FYP yang ditampilkan. Lalu, apa saja pengaturan yang dimaksud?
Diantaranya adalah negara, lokasi, pemilihan bahasa, dan jenis perangkat yang digunakan. Aspek-aspek tersebut berpengaruh dalam mengkurasi konten yang akan ditampilkan TikTok.
3. Deskripsi Video
Jika Anda bertindak sebagai konten kreator, sebaiknya tidak asal dalam membuat informasi video. Ada berbagai macam hal yang sebaiknya tidak dilewatkan ketika mengisi deskripsi konten yang hendak diupload.
Mulai dari hashtag, latar musik, dan caption yang secara tidak langsung memberikan pengaruh signifikan. Informasi yang ada di konten akan diproses oleh sistem TikTok lalu disesuaikan dengan preferensi pengguna.
Oleh karena itu, gunakanlah hashtag dan latar musik yang tepat agar video mengundang lebih banyak penonton. Sebaiknya hubungkan konten yang diupload dengan hal-hal trending baru-baru ini.
Hal ini secara tidak langsung bisa memicu perhatian algoritma TikTok agar menjadikan video Anda FYP.
Baca juga: 50+ Username TikTok Aesthetic Girl untuk Menambah Followers
7 Jadwal FYP TikTok Menurut Hari dan Jam-nya
TikTok merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna paling banyak. Bahkan berdasarkan informasi dari Insider Intelligence, pengguna TikTok per 2022 mencapai 755 juta orang. Jumlah yang cukup fantastis dalam waktu beberapa tahun saja.
Jika Anda bertindak sebagai konten kreator, pahamilah bahwa terdapat jadwal FYP TikTok 2022. Jadwal tersebut ditentukan berdasarkan beberapa faktor, misalnya lokasi, demografi, dan jam audiens yang ramai di wilayah pengguna.
Lalu, bagaimana agar konten yang diupload mengundang banyak audiens? Salah satu hal krusial yang tidak boleh dilewatkan adalah memperhatikan waktu terbaik untuk memposting video. Daripada penasaran, berikut jadwal FYP TikTok yang bisa dipahami.
1. Hari Senin Pukul 12.00-13.00
Banyak meme bertebaran mengenai ketidaksukaan orang-orang pada hari Senin. Hal ini karena di hari tersebut bertepatan dengan berakhirnya saat-saat weekend. Tak heran jika di hari tersebut aktivitas sebagian besar orang begitu padat.
Terutama jam kerja di hari senin yang seringkali terasa cukup panjang dan melelahkan. Jika berniat memposting sesuatu di TikTok pada hari tersebut, maka usahakan tidak di jam kerja atau jam istirahat.
Jam yang paling direkomendasikan adalah pukul 12.00-13.00. Di waktu tersebut, kebanyakan orang sedang berada di jam istirahat atau lunch time. Tidak sedikit yang melepaskan kepenatan sejenak dengan scrolling media sosial TikTok di momen tersebut.
2. Hari Selasa Pukul 15.00-16.00 dan 19.00-20.00
Selasa merupakan hari yang tidak kalah padat dibanding hari senin. Bahkan sebagian orang menganggapnya menjadi hari kerja yang paling melelahkan. Pekerjaan yang biasanya sudah disusun di hari senin maka mulai diselesaikan di hari berikutnya.
Tak heran jika di momen tersebut lebih sedikit orang yang menghabiskan waktu dengan scrolling di media sosial. Terutama di jam-jam produktif dimana pekerjaan sedang banyak-banyaknya. Namun, hari selasa tetap memiliki momen terbaik ketika hendak mengupload konten video.
Lalu, kapan waktu yang tepat untuk posting konten di hari Selasa? Anda bisa melakukannya di pukul 15.00-16.00 dan 19.00-21.00, mengapa di waktu tersebut? Hal ini karena momen tersebut adalah saat sebagian besar orang sudah pulang bekerja atau istirahat.
Dengan kata lain, jam tersebut dikenal sebagai prime time di TikTok. Para konten kreator tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini agar peluang menjadikan konten FYP lebih besar.
3. Hari Rabu Pukul 11.00-12.00 dan 20.00-21.00
Jadwal FYP TikTok berikutnya yaitu di hari Rabu. Hari tersebut kebanyakan orang mencari hiburan atau alternatif mengisi waktu luang. Terutama ketika penat saat dipusingkan dengan berbagai macam pekerjaan.
Saat itulah momen yang tepat untuk memposting video menarik di TikTok. Adapun jam yang direkomendasikan saat Rabu adalah pukul 11.00-12.00. Waktu lainnya yaitu di malam hari sekitar jam 20.00-21.00.
4. Hari Kamis Pukul 12.00, 16.00, 19.00, dan 21.00
Sebenarnya, kamis masih menjadi hari produktif atau hari kerja yang masih harus dihadapi banyak orang. Namun, terdapat momen khusus di hari tersebut dimana para konten kreator TikTok bisa mengupload videonya.
Meski masih hari kerja, biasanya hari Kamis tidak sesibuk hari Senin atau Selasa. Bahkan cenderung lebih fleksibel sehingga kesempatan membuka media sosial lebih besar. Anda perlu mengenal prime time yang tepat di hari kamis untuk memposting video TikTok.
Diantaranya adalah pukul 12.00, 16.00, 19.00, dan 21.00. Cobalah memposting video di jam-jam tersebut sehingga kesempatan konten berada di FYP semakin besar.
5. Hari Jumat Pukul 11.00-12.00 dan 19.00-22.00
Selain banyak meme hari Senin yang tidak disukai, meme lainnya yang populer adalah rasa bahagia di hari Jumat. Istilah kerennya adalah TGIF (Thanks God It’s Friday). Ungkapan tersebut terkenal karena saking senangnya orang-orang terutama pekerja di hari Jumat.
Waktu kerja pun biasanya lebih fleksibel dibanding hari-hari sebelumnya. Tak heran jika prime time di hari Jumat sebaiknya tidak dilewatkan. Anda bisa mengupload video TikTok di pukul 11.00-12.00. Pilihan lainnya adalah di malam hari pukul 19.00-22.00.
6. Hari Sabtu Pukul 09.00-11.00 dan 19.00-21.00
Mayoritas masyarakat merasakan hari Sabtu sebagai hari libur yang ditunggu-tunggu. Pada dasarnya, inilah momen yang tepat untuk mengunggah konten video di TikTok agar menjadi FYP. Adapun di hari tersebut memang ada banyak prime time yang bisa dimanfaatkan.
Mulai dari jam 09.00-11.00, untuk di malam hari yaitu jam 19.00-21.00. Jadwal FYP TikTok yang satu ini memang banyak yang berhasil memanfaatkannya sehingga konten video menjadi FYP.
7. Hari Minggu Pukul 07.00-11.00 dan 16.00-21.00
Minggu merupakan hari dimana sebenarnya konten kreator bisa bebas mengunggah videonya. Hal ini karena hampir sepanjang hari tersebut merupakan prime time. Weekend yang ditunggu-tunggu ini kerap kali dimanfaatkan masyarakat untuk scrolling di sosial media.
Tidak sedikit yang mendulang banyak viewers karena mengunggah video di saat yang tepat. Terlebih waktu luang pun semakin banyak dan kesempatan membuka media sosial sebagai hiburan terbuka lebar.
Oleh karena itu, tidak perlu pusing ketika hendak mengupload video di hari Minggu.Waktu tersebut memberikan peluang besar untuk menjadikan video FYP. Adapun jadwal FYP TikTok yang paling disarankan di hari Minggu adalah pukul 07.00-11.00.
Jika ingin mengupload di sore atau malam hari, disarankan pada pukul 16.00-21.00. Waktu tersebut terbilang ideal untuk memposting konten TikTok agar mengundang banyak viewers.
Baca juga: TikTok Money Calculator Indonesia Untuk Cek Penghasilan Endorse
Keuntungan Video TikTok FYP
Banyak yang berlomba-lomba membuat konten semenarik mungkin agar mendapatkan FYP dari TikTok. Pada dasarnya, hal ini memang tidak mudah dilakukan karena banyak tantangan yang harus dihadapi. Namun sebenarnya, apa saja keuntungan video TikTok FYP?
1. Viewers Semakin Bertambah
Jika video TikTok masuk FYP, maka secara otomatis konten tersebut akan bertambah viewersnya. Video tersebut akan muncul di halaman utama pengguna tanpa harus repot-repot mencarinya. Semakin banyak yang tahu, maka semakin cepat konten tersebut bisa viral.
Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan hashtag #fyp agar video benar-benar dijadikan rekomendasi di halaman utama oleh pihak TikTok. Tidak sedikit yang mengejar viewers banyak di TikTok sehingga kerap kali melakukan hal-hal di luar batas wajar.
Padahal, hal tersebut tak jarang malah memancing hujatan netizen bahkan berujung pada video di take down. Jika sudah seperti ini, ada baiknya tetap berhati-hati dalam membuat konten karena bisa berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain.
2. Mendapatkan Predikat “Anak Hits”
Banyak yang mencari jadwal FYP TikTok, bahkan alasannya karena ingin dianggap sebagai “Anak Hits”. Hal ini karena video yang sudah menjadi FYP seringkali menjadi viral dan pembuatnya ikut terkenal.
Semakin banyak yang mengenal, maka jumlah follower bisa semakin meningkat. Sebagian kalangan muda memang ada yang merasa bangga dengan cap tersebut. Terdapat perasaan spesial dibanding orang lainnya yang tidak mendapatkan predikat hits.
3. Bisa Mendatangkan Uang
Keuntungan lainnya video TikTok menjadi FYP adalah bisa mendatangkan uang. Pada dasarnya, ini adalah dampak positif yang dihasilkan dari viralnya suatu video. Tidak sedikit pembuat video FYP yang akhirnya mendapatkan banyak endorse dari berbagai merek.
Suatu brand yang menggunakan jasa pengguna TikTok untuk mempromosikan produknya nantinya akan memberikan imbalan. Bahkan dalam jumlah yang menggiurkan jika kontan yang dibuat memang menarik dan kerap kali menjadi FYP.
Adapun di TikTok sendiri memang sudah mendukung dengan berbagai macam fitur. Mulai dari Ads, live streaming, hingga social commerce.
Tips FYP TikTok Agar Mendapatkan Banyak Viewers dan Followers
Pada dasarnya, menjadikan video menjadi FYP tidak semudah membalikkan telapak tangan. Konten kreator harus memahami kunci sukses agar video bisa direkomendasikan TikTok di halaman utama. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan banyak viewers bahkan followers, bagaimana caranya?
1. Memahami Jadwal FYP TikTok
Seperti yang telah dibahas sebelumnya, TikTok memang memiliki jam ramai atau prime time tersendiri. Oleh karena itu, hindari mengupload konten dengan waktu yang random. Adapun untuk jadwal FYP TikTok sendiri berbeda-beda untuk hari Senin hingga Minggunya.
2. Memberikan Caption Menarik
Jangan malas menuliskan caption menarik jika ingin menjadikan video TikTok FYP. Namun, usahakan isi dari caption memang berhubungan dengan isi konten yang diupload. Adapun pihak TikTok sendiri memang sudah mengupgrade jumlah karakter dalam penulisan caption.
Awalnya jumlah karakter untuk caption hanya berjumlah 100, saat ini Anda akan lebih leluasa dengan 300 karakter.
3. Mengikuti Challenge yang Sedang Tren
Trik lainnya agar video TikTok bisa FYP adalah dengan mengikuti tren dan challenge. Pada dasarnya, ada saja trend baru di media sosial ini yang menarik untuk diikuti. Usahakan memilih tantangan yang memang sudah viral sehingga konten Anda akan lebih mudah ditemukan.
Pada dasarnya, memahami jadwal FYP TikTok hanya menjadi salah satu cara untuk membuat konten lebih banyak dilihat. Hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan waktu posting agar kesempatan video menjadi viral lebih besar.
4. Membuat Konten yang Menambah Engagement
Tidak jauh berbeda dengan media sosial lainnya seperti Instagram, TikTok juga memberlakukan engangement. Untuk mendapatkannya, perhatikan kualitas video yang diunggah agar benar-benar menarik perhatian pengguna lain.
Misalnya dengan membuat konten yang lucu, original, dan unik. Buat konten sebaik mungkin sehingga penonton merasa puas dan bahagia atas hal-hal yang dibagikan. Nantinya, mereka tidak akan segan memberikan komentar, bahkan memberikan like.
Baca juga: Zefoy Com TikTok Penambah Followers Terbaru 2022
5. Berkolaborasi dengan Konten Kreator Lain
Tidak hanya memperhatikan jadwal FYP TikTok, untuk menjadikan konten berada di halaman utama bisa dengan berkolaborasi. Anda bisa mengajak kreator lain untuk membuat video menari, misalnya melakukan challenge yang sedang trending.
Hal ini sudah cukup banyak dilakukan para konten kreator sehingga tidak sedikit video mereka yang akhirnya menjadi FYP.